Saturday, January 16, 2010

Animasi dengan Guide Layer

Guide atau pemandu, salah satu kata yang familiar di bidang pariwisata, namun bukan sektor pariwisata yang akan di bahas dalam postingan ini, melainkan guide layer pada Macromedia Flash. Guide layer pada Macromedia Flash digunakan untuk memandu object/symbol agar berjalan seperti apa yang kita inginkan. Nah kita bisa membuat sebuah pemandu perjalanan object / symbol dengan menggunakan guide layer ini. Contohnya adalah animasi dibawah ini :


Berikut ini pembahasan mengenai Movie tersebut :
Langkah pertama adalah buatlah sebuah file flash baru dengan 2 layer dan beri nama layer 1 dengan animasi dan layer 2 dengan jalan. buatlah sebuah object lalu convert menjadi symbol (tekan F8) dan letakkan pada layer animasi. Kemudian buat sebuah object jalan sesuai dengan keinginan dan lettakkan pada layer Jalan. pastikan Layer animasi berada di atas layer Jalan. gambarnya kurang lebih seperti berikut :

Setelah itu pastikan design kamu seperti gambar disamping klik layer animasi dan tekan tombol yang ditunjuk oleh panah pada gambar disamping. ini akan menambahkan guide layer atau yang kita sebut layer pemandu untuk layer animasi.

Setelah menambahkan guide layer, buatlah sebuah garis pemandu yang akan dijadikan panduan berjalannya object. perhatikan gambar disamping.

Pastikan draft animasi seperti gambar disamping, kemudian klik kanan pada time line 60 layer satu dan pilih menu insert frame (atau tekan F5). lakukan hal yang sama untuk layer jalan. tetapi tidak dilakukan pada layer animasi.

Pada layer animasi, klik kanan time line pada angka 60 dan pilih menu insert keyframe (atau tekan F6).

Selanjutnya klik keyframe pada time line 60, dan geser object pada ujung garis pemandu kita.

Untuk membuat object mengikuti garis pemandu, pastikan poros putar object yang berupa lingkaran kecil pada object tepat berada di garis pemandu seperti gambar disamping.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, lanjutkan dengan membuat tween pada layer animasi. Jika belum tahu bagaimana membuat Motion Tween, kamu bisa membacanya dengan klik ini, 
 
 
 
 
Selanjutnya Test Movie dan jika langkah-langkah di atas diikuti secara benar, maka object kita akan berjalan mengikuti garis pemandu.
 
 

Sponsored by :

your advertise here :