Friday, January 29, 2010

Membuat Tombol dalam Macromedia Flash Mx

Menggunakan tombol dalam Flash merupakan salah satu basic knowledge yang harus di miliki oleh seorang flash designer. Dengan tombol kta bisa mengatur, dan mendesain animasi-animasi dalam Movie kita, Nah.. artikel ini akakn membahas mengenai cara membuat tombol dengan Macromedia Flash Mx. berikut ini contoh tombol dan penggunaanya yang sederhana untuk mengatur background animasi.



Contoh di atas merupakan contoh sederhana dalam menggunakan tombol dalam animasi Flash. Berikut ini pembahasan mengenai cara pembuatan tombolnya, mengenai pengontrolan warna background bisa di baca pada artikel ini, sedangkan cara membuatnya adalah sbb :

Buatlah sebuah object yang akan dijadikan tombol, lalu convert menjadi symbol (tekan F8) dan jangan lupa untuk memilih Button pada pilihan menu convert (gambar disamping).

Double klik pada symbol tadi untuk melakukan edit, dan akan tampil menu editing tombol seperti gambar disamping. Posisi-posisi dalam menu editing tersebut adalah sbb :








Up adalah posisi tampilan tombol pada saat crusor tidak berada di atas area Hit dari tombol
Over adalah posisi saat Crusor berada di area Hit Tombol 
Down adalah posisi saat mouse di klik di atas Hit area Tombol.
Hit adalah area aktif tombol yang bisa di klik dan tidak ditampilkan di Movie.

Insert Keyframe (tekan F6) pada Timeline Over dan atur properties dari Text dan Background tombol sehingga memberikan efek ketika Crusor berada di area Hit tombol.Dalam contoh ini ukuranya di ubah menjadi 90% dari asli

Insert Keyframe (tekan F6) pada Timeline Down dan atur properties dari Text dan Background tombol sehingga memberikan efek ketika tombol do klik. Dalam contoh ini ukurannya diubah menjadi 80%

Insert Keyframe (tekan F6) pada Timeline Hit dan atur luasan area aktif tombol. Area inilah yang menentukan luasan yang bisa di klik dari tombol.tetapi tidak ditampilkan dalam Movie.








Nah tombol sudah jadi sekarang, tinggal tekan CTRL dan Enter atau test Movie. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh di bawah ini :



Sponsored by :

your advertise here :