Tuesday, January 12, 2010

Animasi Motion dengan Macromedia Flash

Motion Tween pada Macromedia Flash digunakan untuk membuat efek agar object bergerak secara terus-menerus dengan gerakan yang tidak putus-putus. Efek untuk layer ini merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengguna Flash. Contoh hasil aplikasi menggunakan efek ini bisa dilihat pada Movie di bawah ini :




Movie di atas terdiri dari beberapa bagian animasi yang digabungkan, salah satu bagiannya adalah menjalankan mobil. Nah artikel ini akan membahas bagaimana menjalankan mobil menggunakan efek motion tween, salah satu caranya adalah sebagai berikut :


Buatlah sebuah object (contoh dalam artikel ini adalah mobil). Setelah object selesai di buat, convert menjadi symbol dengan cara klik object kita dan tekan F8 atau (dalam Macromedia Flash MX) dari menu Modify dan pilih Convert to symbol.

Setelah object kita convert menjadi symbol, langkah selanjutnya adalah menjalankan mobil. Pilih salah satu angka pada time line layer, semakin kecil maka jalan mobil akan semakin cepat dan sebaliknya. Klik kanan pada angka yang kita pilih kemudian klik kanan dan pilih menu Insert Keyframe atau tekan F6

Klik pada pada keyframe yang baru saja kita buat tadi dan atur posisi mobil melewati area kerja kita. bisa dilihat pada gambardi samping.

Langkah selanjutnya, kembali pada frame 1 (lihat gambar samping) lalu klik kanan dan pilih menu Create Motion Tween


Selanjutnya Test Movie atau dengan menekan tombol CTRL dan Enter secara bersamaan.

Sponsored by :

your advertise here :