Sunday, October 3, 2010

Media Ajar Berhitung untuk Anak dengan Flash

Dengan menggunakan Macromedia Flash kita bisa membuat, merancang atau sekaligus membuat sebuah aplikasi multimedia untuk membantu anak-anak belajar hanya dengan beberapa script flash yang sangat sederhana. Di bawah ini adalah contoh salah satu media pembelajaran untuk membantu anak belajar berhitung, menambah dan mengurangi. Media ini sangat mudah pula di buat dengan papan atau kertas apabila ingin dipraktekkan tidak dengan komputer. Berikut ini adalah contohnya :

Tekan tombol + dan - pada contoh di bawah ini untuk melihat perubahannya



Siapkan sebuah lingkaran mirip dengan Jam, dan buat semenarik mungkin dengan warna-warna yang menarik perhatian anak-anak.Tambahkan angka mulai dari 0 sampai dengan 9 seperti pada gambar di samping



Tambahkan 1 buah Jarum Penunjuk dan 2 tombol (1 tombol untuk menambah dan satu tombol untuk mengurangi). Cara membuat tombol Flash kamu bisa membaca artikelnya di link ini.



Jangan lupa untuk mengatur properties dari Jarum Penunjuk kita dengan memberinya nama jarum, Caranya adalah dengan cara klik Jarum Penunjuk, kemudian klik properties dan atur instance namenya menjadi jarum.



Langkah selanjutnya adalah memberikan perintah kepada tombol + dan tombol - untuk menggerakkan jarum apabila tombol tersebut di klik. Caranya adalah klik tombol tersebut kemudian tekan F9 (atau masuk ke jendela Action Script)


Untuk Tombol + beri script berikut :
on (release) {
    jarum._rotation -= 36; }

 Untuk Tombol - beri script berikut :
on (release) {
    jarum._rotation += 36; }

Selanjutnya test Movie kamu dan klik tombol + maka jarum akan bergerak menambah 1 angka dari 1, 2, 3, 4 dan seterusnya juga sebaliknya ketika tombol - di klik, akan berjalan sebagai fungsi pengurangan.
Media ini bisa digunakan untuk mengajari anak berhitung 1 sampai dengan 9 serta fungsi penambahan dan pengurangan.

Semoga bermanfaat...

Sponsored by :

your advertise here :